PKB Putuskan Gus Muhaimin Jadi Wakil Ketua DPR RI

| Selasa, 01/10/2019 18:15 WIB
PKB Putuskan Gus Muhaimin Jadi Wakil Ketua DPR RI Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar (foto: DPP PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merekomendasi Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin sebagai kandidat Wakil Ketua DPR RI. Hal ini dibenarkan oleh salah satu petinggi PKB, Cucun A Syamsurijal di komplek parlemen, Senayan, Jakarta.

“Iya betul (Gus Muhaimin jadi Wakil Ketua DPR). Baru selesai jam 16.30 WIB rapat DPP sama fraksi memutuskan PKB ingin jadi bagian dari DPR ini memberikan kontribusi-kontribusi, pemikiran dari PKB ini melalui Gus Ami,” kata Cucun kepada awak media, Selasa 1 Oktober 2019.

Cucun menjelaskan salah satu pertimbangan itu adalah karena Gus Muhaimin memiliki pengalaman yang sangat luas di jajaran Legislatif. "Beliau sudah pengalaman. Pernah jadi Wakil Ketua MPR Beliau juga melihat DPR yang sudah maju ingin jadi bagian dari DPR ini," kata Cucun.

Beberapa partai yang masuk deretan lima besar pemilik suara terbanyak di parlemen sudah mengungkap calon-calon pimpinan DPR RI dari partai mereka. Dari PDIP, sebagai pemilik kursi Ketua DPR, Puan Maharani menjadi calon kuat. Nama Puan satu-satunya yang muncul untuk posisi Ketua DPR RI Periode 2019-2024.

Baca juga: Sah! 58 Anggota DPR RI Fraksi PKB Resmi Dilantik, Ini Daftarnya

Namun, PDIP sampai saat ini belum terang-terangan menegaskan Puan sebagai Ketua DPR. "Keputusan final dari ibu ketua umum semua," ujar Anggota Komisi Hukum DPR RI, Arteria Dahlan di Kompleks Parlemen, Senayan pada Senin, 30 September 2019.

Sebagai pemilik kursi terbanyak kedua di parlemen, Golkar menyebut beberapa nama. Salah satu calon kuat adalah Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin.

"Besok siang setelah pelantikan, DPP partai Golkar akan mengadakan rapat secara resmi terkait hal tersebut,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di lokasi yang sama.

Berbeda dengan PDIP dan Golkar yang masih main rahasia-rahasian, Gerindra menyatakan bahwa ketua umum mereka, Prabowo Subianto telah meneken SK penugasan kepada Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon pimpinan DPR RI.

Begitu pula dengan Nasdem. Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G. Plate mengatakan Ketua Umum Surya Paloh  telah menunjuk bos Panasonic Gobel Indonesia Rachmat Gobel sebagai Wakil Ketua DPR.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , DPR