WhatsApp Batasi Pesan Forward, Rudiantara: Meminimalisir Penyebaran Hoaks

| Selasa, 22/01/2019 16:48 WIB
WhatsApp Batasi Pesan Forward, Rudiantara: Meminimalisir Penyebaran Hoaks Rudiantara (Menteri Kominfo RI). (Foto: metrotvnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pembatasan forward atau pesan terusan bertujuan untuk meminimalisi penyebaran konten hoaks menjadi viral.

“Tugas kita adalah mitigasi risiko. Bagaimana menekan penyebaran, membuat angkanya serendah mungkin," kata Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Senin sore 21 Januari 2019.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan modus penyebaran hoaks menggunakan media sosial dan aplikasi pesan instan. “Modus penyebaran hoaks menggunakan media sosial, posting dulu di Facebook (FB), kemudian diviralkan melalui WA. Kemudian akun FB yang posting tadi dihapus. Ini yang kita perhatikan number of virality,” jelasnya.

Rudiantara menjelaskan bahwa pembatasan pesan terusan merupakan pembahasan dengan beberapa negara, "(Kami membahasa dengan pemimpin dari lima negara di dunia. Jadi bukan hanya Indonesia, kita membahas bagaimana melakukan pembatasan penyebaran chat ke pengguna lain (limitation number of WhatsApp message share),” jelasnya.

“Mulai Senin tanggal 21 Januari siang waktu Los Angeles atau 22 Januari Waktu Indonesia Barat, WhatsApp akan membatasi forward hanya maksimal lima,” ungkap Rudiantara.

 

Tags : WhatsApp , Rudiantara ,

Video Terkait