Apple Resmi Rilis iPhone 11, Ini Spesifikasi dan Harganya

| Rabu, 11/09/2019 09:43 WIB
Apple Resmi Rilis iPhone 11, Ini Spesifikasi dan Harganya Display iPhone 11 (dok Twitter @MyAppleDotMy)

RADARBANGSA.COM - Apple resmi meluncurkan tiga iPhone terbarunya yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max dalam acara Apple Special Event.

Hal ini berdasarkan pernyataan CEO Apple, Tim Cook, dalam acara yang disiarkan secara langsung di apple.com dan digelar di Auditorium Steve Jobs, Apple Park, Cupertino, California, Selasa 10 September 2019  pagi waktu setempat.

Tim mengklaim iPhone XR menjadi smartphone terpopuler di dunia. iPhone XS dan XS Max menjadi smartphone yang paling canggih dengan 99 persen kepuasan pelanggan.

“Kami sangat fokus pada teknologi. Hari ini saya sangat bersemangat untuk menunjukkan iPhone terbaru," ujar Tim.

Ya, Apple meluncurkan tiga model ponsel baru pengganti iPhone XR, XS dan XS Max yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. iPhone baru ini mempertahankan desain dan harga yang sama seperti tahun lalu.

Kendati demikian, Apple membuat beberapa perubahan signifikan pada masing-masing ponsel. Yuk, intip detail masing-masing produk baru dari Apple ini.

iPhone 11

iPhone 11 adalah penerus langsung iPhone XR. Ponsel dilengkapi desain kaca seperti XR, tapi kali ini hadir dalam warna hitam, putih, merah, kuning, hijau, dan ungu. Tidak ada lagi opsi warna biru dan coral.

IPhone 11 menggunakan panel layar LCD Liquid Retina. Diagonal layar yang digunakan di iPhone XR juga masih sama yakni 6,1 inci beresolusi 828x1792 piksel dengan kerapatan piksel 326ppi.

Di bagian dalam, iPhone 11 ini menggunakan chip A13 yang diklaim mampu mencapai kinerja hingga 20 persen lebih tinggi untuk operasi CPU dan GPU. Terlebih lagi, A13 Bionic lebih hemat daya dibanding pendulunya, A12 sehingga daya tahan baterai bisa bertahan 1 jam lebih lama dengan iPhone 11 dibanding iPhone XR.

Di sektor fotografi, iPhone 11 punya dua sensor belakang. Sensor utamanya 12 MP telah ditingkatkan dengan sensor baru yang memungkinkan sejumlah perbaikan penting. Perbaikan ini mencakup kualitas gambar yang jauh lebih baik dalam skenario outdoor dan indoor, terutama untuk cahaya rendah serta mode malam.

Sementara di depan, iPhone 11 mempunyai kamera selfie 12 MP baru yang akan memungkinkan frame lebih luas saat memotret alam mode landscape. Selain itu, kamera depan baru ini juga akan mendukung perekaman video 4K pada 60fps.

iPhone 11 Pro dan Pro Max

Dua smartphone ini adalah penerus iPhone XS dan XS Max. Bentuk dan ukuran iPhone 11 Pro hampir sama dengan iPhone XS, tapi warna dan sentuhan akhirnya sudah diubah.

Di iPhone 11 Pro ini Apple menawarkan warna baru yakni hitam, putih, dan gold, serta midnight green. Selain itu, panel kaca line iPhone Pro baru ini mempunyai teksture matte, sehingga tidak lagi mengkilap.

Di sisi lain, iPhone 11 Pro menghadirkan layar OLED yang ditingkatkan dengan peningkatan kecerahan maksimum. Menurut Apple, mereka telah menggunakan teknologi yang sama seperti pada monitor Pro Display XDR. Dengan itu, Apple memberi layar OLED iPhone baru ini nama baru yakni Super Retina XDR display.

Layaknya iPhone 11, 11 Pro dan Pro Max menghadirkan chip baru, A13 Bionic. Selain memberikan peningkatan CPU dan GPU 20 persen, chip juga dikatakan akan dibangun di atas arsitektur 7nm.

Beralih ke sektor fotografi, iPhone 11 Pro dan Pro Max hadir dengan pengaturan tiga kamera baru yang menampilkan sensor biasa, telephoto, dan ultra-wide. Kamera utama 12 MP mempunyai peningkatan yang sama seperti iPhone 11 yang berarti mempunyai fokus otomatis yang lebih baik, detail cahaya di low light, dan mode malam otomatis.

Harga dan Tanggal Rilis

iPhone 11 dengan storage 64 GB dibanderol mulai 699 dolar AS atau sekitar Rp9,8 juta. Untuk storage 128, iPhone 11 akan dibanderol mulai 749 dolar AS atau sekitar Rp10,5 juta. Sementara model tertingginya, dengan storage 256GB dilego sekitar 849 dolar AS atau sekitar Rp11,9 juta.

Sementara iPhone 11 Pro dan Pro Max akan dibanderol dengan harga yang sama seperti sebelumnya, masing-masing mulai dari 999 dolar AS atau Rp14,3 juta hingga 1099 dolar AS atau Rp15,4 juta untuk model 64GB.

Untuk varian 256 GB akan dibanderol lebih mahal 150 dolar AS. Sedangkan untuk varian 512GB lebih mahal 200 dolar AS dibanding model 64GB. Dengan metode ini, ponsel paling mahal Apple, iPhone 11 Pro Max dengan 256 akan dibanderol 1449 dolar AS atau sekitar Rp20,3 juta.

Pre-order untuk ketiga iPhone baru mulai dilakukan pada 13 September 2019. iPhone 11 series rencananya akan dirilis pada 20 September mendatang.

Tags : Smartphone , iPhone , Apple

Video Terkait