Cara Mengatasi Gangguan ‘Ghost Touch’ pada Layar Iphone

| Senin, 03/08/2020 20:55 WIB
Cara Mengatasi Gangguan ‘Ghost Touch’ pada Layar Iphone Iphone (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bagi anda para pengguna Iphone tentu sering mendengar istilah “Ghost touch” di seputar permasalahan device.

“Ghost Touch” bisa diartikan sebagai bentuk gangguan pada layar iphone yang tiba-tiba bergerak tanpa terkendali. Gangguan ini dapat dijelaskan melalui pergerakan layar iphone yang terjadi tanpa ada sentuhan jari anda. Fenomena ini juga bisa dikatakan layar iphone seakan akan bergerak seperti disentuh oleh ‘hantu’.

Gangguan ini dapat terjadi pada seluruh type Iphone, baik iphone 5,6,7,8 atau bahkan X dan X’s. Gangguan ini dapat menjadi isu yang sangat mengganggu bagi para pengguna iphone.

Dilansir dari makeuseof, terdapat beberapa cara mengatasi isu ‘Gost Touch’ pada layar iphone. Cara ini meliputi dari membersihkan touchscreen hingga melakukan ‘factory reset’ pada iphone anda. Berikut penjelasan detailnya.

 

1. Membersihkan Touchscreen

Ini adalah cara termudah yang bisa anda lakukan. Dengan membersihkan layar iphone, anda dapat menghilangkan jenis cairan atau zat yang menempel pada layar, sehingga touchscreen anda dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

 

2. Lepas Screen Protector pada Layar Iphone

Screen Protector merupakan lapisan tipis yang melindungi layar iphone dari sentuhan langsung dari jari anda.

Sebagian pengguna mengenakan screen protector karena dinilai penting dalam melindungi layar iphone. Akan tetapi benda ini juga dapat menganggu layar dalam beroperasi, terlebih jika screen protector anda dalam keadaan kotor dan rusak.

Baiknya, anda dapat melepas screen protector dari layar iphone untuk melihat apakah touch screen anda dapat bekerja normal kembali atau tidak.

 

3. Me-restart Iphone

Merestart iphone selalu menjadi hal yang baik jika anda mengalami macam gangguan pada device. Langkah ini berlaku pada seluruh jenis gangguan, begitupula jika anda mengalami gangguan ‘ghost touch’, anda juga dapat melakukan langkah yang satu ini.


4. Lakukan Factory Reset pada Device

Jika merestart device belum cukup mengatasi masalah ghost touch, maka hal lain yang patut anda coba adalah melakukan ‘factory reset’ pada Iphone.

Langkah ini adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah pada software iphone anda. Tentu saja sebelum  mereset device anda harus memback up data iphone anda. Ini penting dilakukan jika anda tidak ingin data anda hilang.

Berikut adalah langkah untuk mereset iPhone anda,

  1. Buka Setting.
  2. Pilih General.
  3. Pilih Reset.
  4. Tekan “Erase All Content and Settings”.
  5. Pilih Erase.


Terakhir, jika semua langkah telah dilakukan akan tetapi gangguan ‘ghost touch’ tak kunjung hilang maka anda sangat sangat dianjurkan untuk datang ke tempat service iphone. Jangan lupa untuk memastikan tempat service tersebut bagus dan terpercaya ya. Sekian informasi untuk kalian Fellas, selamat mencoba!

Tags : Iphone , Ghost Touch , Device , Mengatasi

Video Terkait