Tahan Gempa, Sekolah Dibuat dari Bata Daur Ulang Plastik di Lombok, NTB

| Selasa, 15/06/2021 17:52 WIB
Tahan Gempa, Sekolah Dibuat dari Bata Daur Ulang Plastik di Lombok, NTB Pembangunan SDN gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Medas Bentaur menggunakan bahan bata dari limbah plastik daur ulang (FOTO : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

RADARBANGSA.COM - Pertama kalinya Sekolah di Indonesia menggunakan bata dari limah plastik (Eco Block) dalam pembangunanya. Pembangunan tersebut terletak di Lombok, NTB sebagai pemulihan Sekolah yang rusak akibat gempa Lombok 2018. Eco block juga dinilai cocok untuk pembangunan Sekolah di Lombok karena tahan gempa.

Pembangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Mendes Bentaur di Dusun Medas Bentaur, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, di NTB, Senin 14 Juni 2021. Pembangunan tersebut memiliki keunikan dengan memanfaatkan bata daur ulang yang terbuat dari limbah plastik.

Pembangunan kembali gedung SDN 4 Medas Bentaur yang rusak akibat gempa Lombok 2018 tersebut atas hasil kerjasama Classroom of Hope (Australia), dengan Block Solutions (Finlandia) bersama Pelita Foundation Lombok dan Pemerintahan daerah NTB. 

Pembangunan dengan menggunakan Eco Block pastinya ramah lingkungan dan memerlukan pengerjaan yang lebih cepat dan hemat. Selain itu Eco Block juga memiliki keunggulan tahan gempa, tahan api dalam suhu tertentu.

 

Tags : Eco Block , Gempa , Lombok , Bata Limbah Plastik

Video Terkait