Facebook Sebagai Perusahaan Metaverse, Ciptakan Produk Kacamata Pintar

| Minggu, 22/08/2021 16:59 WIB
Facebook Sebagai Perusahaan Metaverse, Ciptakan Produk Kacamata Pintar Kacamata (foto:Unsplash)

RADARBANGSA.COM - Facebook sedang menciptakan teknologi terbarunya sebagai perusahaan metaverse. Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook telah mengkonfirmasi bahwa peruahaannya sedang meneliti kacamata pintar yang digarap bersama dengan pemilik Ray-Ban Essilor Luxottica.

Nantinya, kacamata ini akan memiliki bingkai dengan ciri khas Ray-Ban dan canggihnya kacamata ini akan terintegrasi dengan fitur AR.

Zuckerberg mengatakan kacamata hasil kerjasama Ray-Ban dengan Facebook ini merupakan langkah pertama untuk menciptakan kacamata futuristik yang menambah dunia nyata dengan data atau grafik dari Internet.

“Ke depan di sini, rilis produk berikutnya adalah peluncuran kacamata pintar pertama kami dari Ray-Ban dalam kemitraan dengan Essilor Luxottica,” jelas Zuckerberg.

Namun, sayangnya spesifikasi kacamata pintar ini belum dibocorkan. Zuckerberg juga belum memberikan kabar mengenai batas waktu tertentu untuk peluncurannya.

Ia juga mengatakan tentang `metaverse` virtual di mana pengguna akan dapat `berteleportasi` ke ruang digital menggunakan teknologi AR dan VR. Ia menjelaskan bagaimana perdagangan dan iklan dapat menjadi aspek penting dari pendapatan ke depan.

Kacamata pintar ini rupanya masih dalam pengembangan dan akan memakan waktu yang cukup lama. Terdapat sebuah liputan yang menyebut bahwa para insinyur di tim `Project Aria` tengah bereksperimen dengan kacamata tersebut.

Selain kacamata pintar, Facebook sebelumnya juga tengah mengerjakan jam tangan pintar baru mereka yang akan terintegrasi dengan berbagai fitur seperti dual kamera dan monitor detak jantung.

Salah satu dari dua kamera akan ditempatkan di bagian depan dengan tujuan untuk panggilan video. Sedangkan kemera satunya dimaksudkan untuk menangkap rekaman bahkan bisa dilepaskan dari jam tangan untuk mengambil gambar atau video lebih jelas.

Untuk jam tangan pintar ini sendiri dikabarkan akan meluncur di tahun 2022 mendatang. Sedangkan untuk kacamata pintar, masih belum ada kepastian kapan produk teknologi mutakhir ini akan diluncurkan. Namun, Facebook bersama dengan Ray-Ban masih terus melakukan tahap pengembangan hingga sekarang.

Tags : Kacamata Pintar , Facebook

Video Terkait