Prediksi Elon Musk: Bahaya Masa Depan, AI akan Lebih Cerdas dari Manusia

| Kamis, 02/09/2021 08:04 WIB
Prediksi Elon Musk: Bahaya Masa Depan, AI akan Lebih Cerdas dari Manusia CEO Tesla, Elon Musk (Doc: US News)

RADARBANGSA.COM - Pemilik perushaan mobil listrik Tesla, Elon Musk mengungkapkan kekhawatirannya akan masa depan. Baru-baru ini dalam konferensi pers, Musk menjelaskan prediksinya di masa depan.

“Saya pikir satu hal yang bisa kita yakini adalah bahwa prediksi apapun yang kita buat hari ini untuk seperti apa masa depan dalam 50 tahun, akan salah,” kata Musk.

“Itu sudah pasti. Saya pikir secara terarah, saya dapat memberitahu Anda apa yang saya harapkan di masa depan, sebagai lawan dari apa yang akan terjadi. Ini mungkin hanya angan-angan,” lanjutnya.

Musk memperkirakan di 50 tahun kedepan ekspansi manusia ke planet lain bisa terjadi. Selain itu, artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan terus berkembang pesat. 

Bahkan, Musk mengatakan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun dari sekarang, penggunaan kendaraan mobil tanpa teknologi otonom rasanya akan menjadi hal yang kuno dan tidak digunakan lagi.

“Saya pikir hampir semua mobil yang dibangun akan dapat otonomi penuh dalam waktu sekitar 10 tahun. Mobil Tesla yang dibuat hari ini, memiliki sistem sensor yang diperlukan untuk otonomi penuh. Dan kami pikir mungkin daya komputasi yang cukup untuk lebih aman daripada seseorang,” jelas Musk

Peran AI dalam mewujudkan masa depan nantinya sebagai aktor utama. Namun, kecerdasan buatan yang hebat tentunya akan memiliki dampak risiko yang hebat pula.

Musk mengatakan, dengan berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin teknologi AI yang tercipta akan jauh lebih pintar dibandingkan manusia terpintar di muka Bumi. Dan hal tersebut merupakan sebuah tanda yang akan membahayakan umat manusia.

“Menurut saya, ini adalah situasi yang berbahaya,” tutup Musk.

Tags : Elon Musk , AI , Teknologi

Video Terkait