Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Meninggal

| Kamis, 10/03/2022 16:17 WIB
Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Meninggal David Bennet penerima cangkok jantung babi pertama di dunia (foto-Facebook/UniversityofMarylandSchoolofMedicine)

RADARBANGSA.COM - Pasien pertama di dunia yang melaukan transplantasi jantung babi dilaporkan meninggal dunia. Lelaki berusia 57 tahun yang bernama David Bennett itu meninggal dunia, Selasa, 8 Maret 2021 yakni dua bulan setelah transplantasi dilakukan. 

“Orang pertama yang menerima transplantasi jantung dari babi telah meninggal dunia dua bulan setelah operasi terobosan,” kata Pusat Medis Universitas Maryland, Amerika Serikat (AS) dilansir Beritasatu.com, Kamis, 10 Maret 2021.

Seperti yang dilaporkan The New York Times, tim medis belum menemukan penyebab kematiannya dan akan terus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan penyababnya.

Bennett sebelumnya menderita penyakit jantung parah dan menerima transplantasi jantung babi yang telah dimodifikasi genetik untuk membuat jantungnya dapat diterima oleh sistem kekebalan manusia. Dinamakan Xenotransplantasi dan disediakan oleh Revivicor, perusahaan pengobatan regeneratif yang berbasis di Blacksburg, Virginia.

Pasca operasi, Bennett sempat menghabiskan waktunya bersama keluarganya, melakukan terapi fisik, menonton `Super Bowl`, dan sering berbicara soal keinginannya untuk pulang ke rumah serta bertemu anjingnya, Lucky.

Tags : Jantung babi , Transplantasi Jantung

Video Terkait