Saudi Kirim Astronot Wanita Pertama untuk Misi Luar Angkasa

| Kamis, 16/02/2023 17:03 WIB
Saudi Kirim Astronot Wanita Pertama untuk Misi Luar Angkasa Rayyana Barnawi, Astronot Wanita Saudi (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Arab Saudi mengirim astronot wanita pertama untuk misi luar angkasa akhir tahun ini.

Melansir AFP astronot wanita ini bernama Rayyana Barnawi. Barnawi akan bergabung dengan sesama astronot Saudi Ali Al-Qarni dalam misi 10 hari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Barnawi dan Al-Qarni akan terbang ke ISS dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon sebagai bagian dari misi musim semi ini oleh perusahaan ruang angkasa swasta Axiom Space, menurut Saudi Press Agency dan Axiom. Peggy Whitson, mantan astronot NASA, juga akan ikut dalam penerbangan keempatnya ke ISS. Sementara itu, John Shoffner, seorang pengusaha Tennessee, akan menjadi pilotnya Dua astronot lainnya - Mariam Firdous dan Ali Al-Ghamdi - akan berlatih dalam program penerbangan luar angkasa manusia Saudi untuk semua persyaratan misi.

Sebelum Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) telah menjadi negara Arab pertama yang mengirim astronot wanita Noura Al Matrooshi ke luar angkasa pada tahun 2021.

Keputusan untuk mengirim Barnawi ke ISS datang ketika Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman terus mendorong reformasi lunak bagi perempuan, termasuk memungkinkan mereka untuk mengemudi, bepergian ke luar negeri tanpa wali laki-laki, dan menggandakan proporsi mereka dalam angkatan kerja dari 17 menjadi 37 persen. .

Tags : astronot wanita , Saudi

Video Terkait