Penting! Ini Tips Hemat Memori Iphone

| Jum'at, 08/12/2023 19:10 WIB
Penting! Ini Tips Hemat Memori Iphone Display iPhone 11 (dok Twitter @MyAppleDotMy)

RADARBANGSA.COM - IPhone jadi salah satu smartphone yang cukup laris di Indonesia. Salah satu keunggulannya tidak lepas dari kualitas foto dan video yang dihasilkan.

Apple memang rutin memperbarui spesifikasi kamera dan chipset iPhone untuk memuaskan penggunanya. Namun demikian, menyimpan foto dan video juga akan mempengaruhi kapasitas ruang penyimpanan iPhone. Beruntung, ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini dengan iOS 16.

Untuk diketahui, iOS 16 sudah memiliki fitur Deteksi Duplikat. Alat ini menggunakan AI pada perangkat untuk mengidentifikasi gambar identik dan menggabungkannya dalam album yang mudah ditemukan di aplikasi Foto.

Apple mengatakan iPhone mengklasifikasikan duplikat tidak hanya sebagai salinan persisnya, tetapi juga sebagai foto yang tampak sama tetapi memiliki resolusi unik, format file, atau sedikit perbedaan lainnya.

Nah, untuk menghemat kapasitas memori iPhone, pastikan untuk mengaktifkan sinkronisasi iCloud terlebih dahulu. Setelah itu lakukan beberapa langkah sebagai berikut, melansir dari CNET, Jumat (8/12):

- Buka aplikasi Foto di iPhone Anda;

- Ketuk tab Album di bagian bawah layar;

- Gulir ke bawah ke bagian Utilitas dan ketuk Duplikat. Di sinilah Anda dapat melihat semua foto duplikat di iPhone Anda dan menghapusnya, baik satu per satu atau sekaligus;

- Untuk opsi terakhir, tap Pilih di pojok kanan atas;

- Ketuk Pilih Semua untuk menggabungkan semua foto duplikat yang terdeteksi iPhone Anda dan menghapusnya secara bersamaan;

- Jika Anda ingin menghapus duplikat satu per satu, gulir ke atas dan ketuk Gabungkan pada pilihan gambar duplikat yang Anda pilih;

- Selanjutnya ketuk Gabungkan Salinan untuk menghapus duplikat;

- Turun ke bawah dan ulangi langkah ini untuk semua foto identik yang ingin Anda hapus;

- Penggabungan akan menyimpan versi foto terbaik di perpustakaan Anda. Nantinya duplikatnya dipindahkan ke album Baru Dihapus.

Nah, itulah tips menghemat penyimpanan iPhone. Selain dari iCloud, Anda juga bisa secara berkala melakukan backup untuk foto dan video ke perangkat PC atau Laptop untuk memperluas kapasitas memori iPhone.

Tags : Iphone , Memori , Tips , Apple , Smartphone

Video Terkait