Terus Berkembang, Indonesia Peringkat 2 Destinasi Wisata Halal Dunia

| Rabu, 11/04/2018 19:30 WIB
Terus Berkembang, Indonesia Peringkat 2 Destinasi Wisata Halal Dunia Logo wisata halal Indonesia.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Mastercard-CrescentRating kembali meluncurkan hasil studi Global Muslim Travel Index (GMTI). Salah satu hasil studi tersebut menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua sebagai destinasi wisata halal populer di dunia.

Artinya, Indonesia berhasil naik satu peringkat dari tahun lalu. Sementara, peringkat satu masih dihuni Malaysia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang hadir dalam konferensi pers GMTI 2018 mengatakan bahwa pemerintah masih fokus menggarap dua destinasi wisata halal di Indonesia selain Lombok (NTB), yakni Sumatera Barat dan Aceh.

"Selain tiga daerah itu, tidak ada nomor empat dan lima. Jadi setiap daerah silakan jika ingin mengembangkan konsep wisata halal," ujar Arief pada awak media di Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Menpar mengungkapkan, pemerintah daerah Sumatera Barat sudah mulai meniru konsep wisata halal yang dilakukan NTB, yakni membuat program untuk memfasilitasi sertifikasi halal bagi para pelaku di industri pariwisata.

Selain itu, Menpar Arief juga menuturkan bahwa pada tahun 2016 Indonesia mendapat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Muslim sebanyak 2,5 juta orang. Sementara, lanjutnya, target wisman muslim tahun 2019 sebanyak 5 juta orang. Saat ini, Tiongkok masih menjadi penyumbang wisman terbesar untuk Indonesia.

Menurut studi GMTI 2018, beberapa aspek penting yang menunjang pertumbuhan wisatawan Muslim adalah meningkatnya populasi Muslim, berkembangnya kelas menengah, banyaknya anak muda, kemudahan mengakses informasi wisata, menjamurnya fasilitas yang ramah Muslim, dan wisata di bulan Ramadan.

Dalam studi itu pula, pasar Muslim diprediksi akan terus meningkat hingga US$220 miliar pada tahun 2020 dengan jumlah wisatawan mencapai 158 juta orang. Pada tahun 2017, tercatat ada 131 juta wisatawan Muslim yang bepergian ke beberapa destinasi wisata halal, salah satunya Indonesia.

Ini daftar lengkap destinasi wisata halal yang populer di dunia menurut studi GMTI 2018:

10 Negara Mayoritas Muslim:

Malaysia
Uni Emirat Arab
Indonesia
Turki
Arab Saudi
Qatar
Bahrain
Oman
Maroko
Kuwait

10 Negara Mayoritas Non-Muslim:

Singapura
Thailand
Inggris
Jepang
Taiwan
Hong Kong
Afrika Selatan
Jerman
Perancis
Australia

Tags : Wisata Halal Indonesia , Kemenpar RI

Berita Terkait