Gagal! Uji Coba Festival Musik Hasilkan 2.279 Penonton Positif Covid-19

| Jum'at, 06/08/2021 18:41 WIB
Gagal! Uji Coba Festival Musik Hasilkan 2.279 Penonton Positif Covid-19 Konser musik rock oleh grup Spanyol Love of Lesbian di Palau Sant Jordi di Barcelona pada 27 Maret 2021. (AFP PHOTO/LLUIS GENE)

RADARBANGSA.COM - Uji Coba acara festival musik Vida, Canet Rock dan Cruilla di mas pandemi pada awal Juli menghasilkan angka kasus positif sebanyak 2.279 orang. Kasus positif tersebut melebihi apa yang diharapkan peneliti dalam menciptakan uji coba tersebut.

Festival-festival tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai bagian dari penelitian konser musik di tengah pandemi. Setelah festival berakhir, pemerintah Catalonia meluncurkan penyelidikan untuk melihat berapa banyak dari hampir 50.000 peserta konser musik yang terjangkit Covid-19 dalam 15 hari berikutnya.

Tiga festival musik tersebut sebelumnya telah menerapkan protokol kesehatan dengan mengharuskan penonton mengikuti tes antigen untuk dapat hadir. Begitu masuk, peserta juga harus mengenakan masker, walaupun jaga jarak sosial tidak diterapkan.

Menurut surat kabar El Pais berbahasa Spanyol, yang telah melihat hasil penelitian, 466 peserta dari Vida dinyatakan positif, seperti halnya 956 untuk Canet Rock dan 857 dari Cruïlla.

Total akhir menunjukkan 58 persen lebih banyak infeksi Covid-19 daripada yang diperkirakan, dan 76 persen lebih banyak daripada yang diukur dalam kelompok kontrol, tambah El Pais.

Konser musik pandemi Barcelona berlangsung pada saat kasus Covid-19 di wilayah tersebut sudah meningkat.

Dalam siaran pers hasil studi Kementerian Kesehatan Spanyol tentang konser musik pandemi Barcelona, pemerintah Catalan berharap penelitian itu akan memberikan informasi berharga dalam hal peningkatan protokol dan langkah-langkah keamanan, untuk kegiatan dan festival yang semarak di masa depan. 

Pemerintah menambahkan, “Seperti yang dijelaskan oleh Sekretaris Kesehatan Masyarakat, Carmen Cabezas pada pembukaan musim panas, dan dalam konteks 8.000 kasus sehari, konser musik hanyalah satu faktor lagi di antara semua (infeksi) yang terjadi saat ini.”

Tags : Festival Musik Vida , Canet Rock dan Cruilla

Berita Terkait