Menparekraf Minta Pelaku Pungli di Tempat Wisata Ditindak Tegas

| Senin, 17/07/2023 23:01 WIB
Menparekraf Minta Pelaku Pungli di Tempat Wisata Ditindak Tegas Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku geram dengan maraknya pungutan liar atau pungli di tempat wisata. Karena itu, pihaknya membentuk Satgas Kepariwisataan yang salah satu tugasnya untuk memberantas pungli.

Kasus pungli di destinasi wisata sering terungkap karena masyarakat makin berani merekam lalu menyebarkannya ke media sosial hingga viral. Seperti aksi pemalakan terhadap turis asing di Pura Agung Besakih, Karangasem, Bali di mana pelaku meminta uang Rp150 ribu ke wisatawan. Kemudian ada juga pungli di Gunung Pancar, Bogor.

"Kita terimakasih kepada informasi-informasi yang diberikan kepada jalur Dinas Pariwisata, maupun tour guide, ataupun melalui netizen. Karena informasi tersebut membantu kami yang telah membentuk satgas kepariwisataan," kata Menparekraf seperti dikutip dari okezone.com, Senin, 17 Juli 2023.

Ditegaskannya, pihaknya telah berkoordinasi agar pungli ditindak tegas. "Kami terus berkoordinasi agar ada tindak tegas jika pungutan-pungutan tersebut di luar aspek hukum dan regulasi apalagi kalau kesannya itu mematok," lanjutnya.

Sandiaga juga tak menampik bahwa aksi para oknum pungli ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus memperbaiki industri pariwisata di Indonesia. "Memang ini tantangannya, karena pariwisata kita juga baru bangkit. Tapi di sinilah peran semua pihak untuk memastikan kebangkitan wisata kita ini, bisa berkelanjutan, bisa momentumnya di kawal," tegasnya.

Tags : Menparekraf , Pariwisata , Pungli , Satgas Kepariwisataan , Indonesia