Menparekraf Minta Kebakaran Hutan di Way Kambas Diusut Tuntas

| Selasa, 10/10/2023 23:26 WIB
Menparekraf Minta Kebakaran Hutan di Way Kambas Diusut Tuntas Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno meminta agar kasus kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur diusut tuntas dan pelakunya ditindak tegas secara hukum.

"Ini harus betul-betul diinvestigasi dari modus operandi, apakah ini ada kesengajaan. Jika ada kesengajaan tentunya harus ada hukum pidana yang berlaku," kata Menparekraf dikutip dari okezone.com, Selasa, 10 Oktober 2023.

Menurut Sandiaga, pemerintah harus lebih ketat dan tegas dalam menerapkan aturan kunjungan di kawasan taman nasional agar kebakaran hutan seperti di TNWK tidak terulang.

Mengingat saat ini Indonesia masih dilanda musim kemarau dampak dari fenomena El Nino sehingga risiko kebakaran semakin tinggi.

"Ketiga adalah aspek sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, apa saja yang harus dihindari, do dan don’t-nya apa saja yang harus mereka kerjakan untuk memastikan, apalagi dengan suatu siklus el-nino yang berkepanjangan ini, kekeringan ini menghasilkan satu situasi yang sangat mudah terbakar," tukasnya.

Meski begitu, Sandiaga memastikan Kemenparekraf akan bergandengan tangan dengan berbagai pihak melakukan beberapa mitigasi agar kejadian ini tidak terulang kembali. "Tapi saya optimis sekarang kita bergandengan tangan, kita bisa mitigasi agar ini tidak terjadi lagi di kemudian hari," tuturnya.

Tags : Menparekraf RI , Way Kambas , Kebakaran Hutan , Pariwisata