Menparekraf Minta Pemda dan Pengelola Wisata Pastikan Kesiapan Destinasi Jelang Libur Lebaran

| Rabu, 20/03/2024 17:15 WIB
Menparekraf Minta Pemda dan Pengelola Wisata Pastikan Kesiapan Destinasi Jelang Libur Lebaran Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata dalam menyambut libur hari raya Idul Fitri 2024.

Sandi mengatakan, memasuki pekan kedua Ramadhan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Potensi pergerakan wisatawan nusantara saat mudik Lebaran berjumlah 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Maka memertimbangkan potensi tersebut, dirinya segera mengeluarkan surat edaran berisi imbauan persiapan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan.

"Kemenparekraf akan mengeluarkan surat imbauan menyambut hari raya Idul Fitri tahun 2024 kepada seluruh pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi Daya Tarik Wisata (DTW) agar dapat memberikan pelayanan yang prima," kata Sandiaga. 

Kemenparekraf pun mendukung dan mempersiapkan sejumlah event pariwisata saat Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024, di antaranya update e-catalogue mudik/jelajah masjid; Ramadhan Night Run pada 16 dan 23 Maret 2024 di Jakarta; Ramadhan Jazz Festival pada 29-30 Maret 2024 di Jakarta; Indonesia Fashion Week pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta. 

Tags : Menparekraf , Pariwisata , Lebaran , Pemerintah Daerah , Mudik , Wisatawan