Sambut Lebaran, Kemenparekraf Minta Pemda dan Pelaku Usaha Pariwisata Siapkan Destinasi Wisata

| Rabu, 20/03/2024 19:55 WIB
Sambut Lebaran, Kemenparekraf Minta Pemda dan Pelaku Usaha Pariwisata Siapkan Destinasi Wisata Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata untuk memastikan kesiapan destinasi pariwisata dalam menyambut libur Lebaran mendatang.

“Kami sudah menyiapkan dan akan mengeluarkan surat imbauan menyambut Hari Raya Idulfitri Tahun 2024 kepada seluruh pemerintah daerah untuk menyiapkan destinasi dan daya tarik wisatanya,” ujar Menparekraf dalam rilisnya, Rabu, 20 Maret 2024.

Menurut Sandi, potensi pergerakan wisatawan nusantara saat mudik Lebaran mencapai 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

“Tentunya alasan bepergiannya ini pulang kampung merayakan Idulfitri tapi juga ini ada tradisi dan wisata yang berbarengan dilakukan. Jika kita melihat maka kita harus merencanakannya dengan baik,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sejumlah event pariwisata yang disiapkan Kemenparekraf saat Ramadan dan Idulfitri tahun 2024, di antaranya update e-catalogue mudik/jelajah masjid; Ramadan Night Run pada 16 dan 23 Maret 2024 di Jakarta; Ramadan Jazz Festival pada 29-30 Maret 2024 di Jakarta; Indonesia Fashion Week pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta.

Tags : Mudik Lebaran , Mudik Idul Fitri