40 Tahun Masjid Istiqlal, Cak Imin: Simbol Kemerdekaan dan Toleransi

| Kamis, 22/02/2018 14:58 WIB
40 Tahun Masjid Istiqlal, Cak Imin: Simbol Kemerdekaan dan Toleransi Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar (dok @cakimiNOW)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Siapa yang tidak kenal dan tahu dengan masjid yang sangat megah ini? Ya, nama Masjid Istiqlal sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia hingga dunia, khususnya rakyat DKI Jakarta.

Diusianya yang tepat menginjak 40 tahun hari ini, Kamis 22 Februari 2018, Tokoh Nasional A Muhaimin Iskandar mengaku bangga. Menurut Cak Imin, Masjid Istiqlal adalah simbol kemerdekaan dan toleransi bagi bangsa Indonesia.

“Kita bangga memiliki Masjid Istiqlal yang hari ini genap 40 tahun. Istiqlal berarti kemerdekaan. Simbol kebebasan beragama untuk saling menghargai pihak lain dan berpikiran terbuka,” kata Cak Imin dilaman twitter pribadinya.

Masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur Islam modern internasional dan dominasi bentuk geometri sederhana itu memang memiliki kesan agung dan monumental bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Bagi Cak Imin, keberadaannya adalah simbol gigantik akan kebesaran bangsa Indonesia yang penuh toleransi. Menghargai sesama pemeluk agama untuk saling hidup rukun di bumi nusantara.

Cak Imin juga mengutip pesan Presiden Soekarno ketika memimpin prosesi pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal, 21 Agtustus 1961. Bahwa Masjid Istiqlal harus kokoh berdiri seribu tahun.

“Simbolis bahwa kemerdekaan (istiqlal) dan toleransi harus kita jaga selama-lamanya di nusantara,” pungkas Ketua Umum PKB ini.

Tags : Cak Imin , Istiqlal , #40TahunMasjidIstiqlal

Berita Terkait