Cak Imin: Santri Harus Terdepan Satukan Umat dan Masyarakat

| Minggu, 30/09/2018 09:19 WIB
Cak Imin: Santri Harus Terdepan Satukan Umat dan Masyarakat Pidato sambutan dari Panglima Santri Nusantara Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di kawasan Monas, Minggu (30/9). (Foto: Radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panglima Santri Nusantara Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan santri harus terdepan menjaga nasionalisme dan semangat kebangsaan. Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan sebelum melepas jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 30 September 2018.

Cak Imin meminta tiga hal kepada seluruh santri di Indonesia yang harus dipegang dan dijalankan. Pertama, komitmen nasionalisme dan semangat kebangsaan kaum santri harus tetap terjaga merh putihnya.

"Komitmen ini terpatri dalam tema Hari Santri tahun ini: Satukan Nusantara, bangun kebersamaan dan solidaritas untuk negeri," kata Cak Imin.

Panglima Santri meminta para santri harus terdepan dalam menyatukan umat dan masyarakat. Khususnya, lanjut Cak Imin, di tahun politik ini jangan sampai terpecah belah.

"Santri-santri harus terdepan menyatukan umat dan masyarakat. Tahun ini tahun politik, perbedaan partai politik, perbedaan aspirasi, perbedaan pilihan presiden tidak boleh mengangggu kebersamaan dan persaudaraan kita. Bangun solidaritas, tegak teguhkan kemanusiaan dan kebersamaan," tuturnya.

Kedua, lanjut Cak Imin, menjaga kesucian untuk Indonesia yang bermartabat. Hal itu sesuai dengan makna tiga kesucian santri "Suci pikiran, suci suci hati, suci perilaku".

Ketiga, Hari santri menjadi tonggak kemajuan bangsa. Cak Imin juga meminta para santri giat belajar untuk menjadi ujung tombak dari kemajuan Indonesia.

"Hari Santri hari ini dijadikan tonggak untuk memajukan nusantara, memajukan Indonesia. Seluruh kaum santri di Republik Indonesia saya minta untuk menjadi ujung tombak kemajuan bangsa," ucapnya.

"Rebut teknologi, kuasai ilmu pengetahuan, dan majukan nusantara," tegas Cak Imin.

Diketahui, sebelum menutup pidato sambutannya, Panglima Santri mengajak santri dan peserta jalan sehat untuk berdo`a bersama mendo`akan korban gempa bumi dan Tsunami di Donggala dan Palu. 

Tags : Hari Santri 2018 , Santri , Cak Imin

Berita Terkait