Resmi! Luis Enrique Nakhoda Baru Timnas Spanyol

| Selasa, 10/07/2018 16:42 WIB
Resmi! Luis Enrique Nakhoda Baru Timnas Spanyol Luis Enrique (Spanyol). (Foto: topscorerid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) resmi menunjuk pelatih baru untuk timnas Spanyol. Sosok tersebut adalah Luis Enrique yang pernah sukses saat melatih klub raksasa Spanyol, Barcelona.

Dilansir dari laman bola.net, Selasa, 10 Juli 2018, Enrique ditunjuk untuk menggantikan tugas yang sebelumnya diemban oleh Fernando Hierro pada Piala Dunia 2018. Penunjukan Enrique sejatinya bukan hal yang mengejutkan lagi karena namanya dalam beberapa pekan ini memang disebut bakal jadi pelatih baru Spanyol, terutama setelah Hierro memutuskan tidak ingin melanjutkan tugasnya.

Enrique sendiri tidak sedang terikat kontrak dengan klub manapun sejak memilih menyudahi kontraknya di Barcelona pada musim 2016/17 lalu. Sepanjang musim 2017/18, Enrique tak melatih klub mana pun dan kini resmi jadi pelatih timnas Spanyol.

Keputusan RFEF menjadikan Enrique sebagai pelatih tentu saja bukan sekedar karena dia tidak sedang terikat kontrak dengan klub mana pun. Tapi, juga berdasarkan pada pilihan yang rasional melihat jejak prestasi yang diraih Enrique.

Sepanjang karirnya sebagai pelatih, sosok 42 tahun pernah meraih dua gelar juara La Liga pada musim 2014/15 dan 2015/16. Capaian terbaiknya tentu saja kala menjadi juara Liga Champions pada musim 2014/15 bersama Barcelona. Selain itu, Enrique juga pernah menjadi pelatih terbaik FIFA pada tahun 2015 silam.

Presiden RFEF, Luis Rubiales, menilai eks pelatih Barcelona telah memenuhi segala persyaratan teknis untuk menjadi pelatih baru Sergio Ramos dan kawan-kawan.

"Pemilihan ini sudah memenuhi segala parameter dari pandangan manajemen olahraga. Keputusan sudah bulat. Saya menyukai komitmennya. Dia menepikan tawaran lebih mahal demi Spanyol. Enrique datang bersama staf kepelatihannya," ujar Rubiales.

Tags : Luis Enrique , Timnas Spanyol