Peringkat Daya saing Indonesia Naik, Apa Tanggapan Pengusaha?

| Jum'at, 29/09/2017 14:40 WIB
Peringkat Daya saing Indonesia Naik, Apa Tanggapan Pengusaha? Ilustrasi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peringkat daya saing Indonesia naik ke posisi 36 menurut laporan World Economic Forum (WEF) dari sebelumnya berada di posisi ke 41. Kalangan pengusaha menyambut baik pencapaian kenaikan peringkat itu.

Ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan kenaikan peringkat ini bisa menimbulkan persepsi yang baik untuk investor asing.

"Karena peringkatnya naik, maka investor asing memandang positif Indonesia yang serius melakukan perbaikan dalam kemudahan berusaha," kata Hariyadi seperti dikutip detik.com, Jumat, 29 September 2017.

Kenaikan peringkat ini, ungkap Haryadi, diharapkan bisa terus meningkatkan pertumbuhan Indonesia yang semakin positif.

"Peringkat 36 itu view untuk internasional sangat baik. Kenaikan ini termasuk cepat," imbuhnya.

Hariyadi menjelaskan, meskipun telah meningkat masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Namun saat ini proses kemudahan berusaha juga sudah membaik.

"Seperti di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah bagus, tinggal menjaga kondisi ekonomi dan politik saja," imbuh dia.

Sekedar informasi, dalam laporan yang bertajuk Global Competitiveness Index 2017-2018 edition, daya saing Indonesia naik 5 peringkat ke posisi 36, setelah tahun lalu berada di posisi 41. Indonesia dinilai telah memperbaiki kinerja di semua pilar, mulai dari infrastruktur hingga makro ekonomi.

Tags : Peringkat Daya Saing , Indonesia , WEF

Berita Terkait