Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Tembus 5,3 Persen

| Selasa, 27/03/2018 21:30 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Tembus 5,3 Persen Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Wilayah Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode 2018-2020 berada di kisaran 5,3 persen.

"Rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,3 persen pada periode 2018-2020," kata Rodrigo Chaves di Jakarta, Selasa 27 Maret 2018.

Menurut Rodrigo Chaves bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,3 persen merupakan angka yang tinggi bahkan ketiga diantara negara-negara G20. "Tetapi masih ada kesempatan untuk improve, karena pertumbuhan ekonomi potensial Indonesia bisa mencapat 5,6 persen," tambahnya.

Bank Dunia menafsirkan bahwa inflasi yang rendah didukung peningkatan pengeluaran menjelang pemilu dan membaiknya harga komoditas bisa memicu pertumbuhan ekonomi dalam periode 2018-2020.

Chaves menuturkan bahwa proyeksi dan target pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat realistis ditengah melambatnya perdagangan global, volatilitas kurs dan menurunnya konsumsi rumah tangga.

Penting bagi Indonesia, Lanjut Chaves, Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kinerja perekonomian Indonesia sehingga tumbuh optimal. "Indonesia harus memberikan pesan yang jelas bahwa modal masuk disambut dengan baik," ungkapnya.

Tags : Ekonomi Indonesia , Bank Dunia ,