Dibangun Tiga Tahap, Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Bisa Digunakan Tahun 2023

| Senin, 23/04/2018 20:26 WIB
Dibangun Tiga Tahap, Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Bisa Digunakan Tahun 2023 Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR meresmikan proyek pembangunan tol Padang Pariaman-Pekanbaru pada 9 Februari 2018 silam. (Foto: hariansinggalang)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tol Padang Pariaman-Pekanbaru merupakan proyek strategis nasional yang akan menghubungkan Sumatera Barat dengan jalur Trans Sumatera yang terbentang dari Aceh hingga Lampung. Jika terealisasi, tol sepanjang 253 kilometer tersebut akan menjadi salah satu tol terpanjang di Indonesia.

Salah satu persiapan pembangunan proyek tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Februari 2018 silam yakni ganti rugi lahan yang terkena imbas proyek itu. Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, ganti rugi lahan proyek tol Padang Pariaman-Pekanbaru tahap pertama akan dilakukan pada Juni 2018.

"Pengukuran dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah selesai. Sekarang tim `appraisal` (penilai) sedang bekerja. Awal Juni ini diselesaikan semua," kata Nasrul seperti dikutip suara.com, Senin, 23 April 2018.

Dia menuturkan, pembangunan untuk tahap I yaitu pembangunan tol Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer. Kelanjutan pembangunannya semula direncanakan mulai April 2018 setelah pengurusan administrasi oleh BPN selesai.

Tapi, lanjutnya, sesuai kemajuan pelaksanaan ganti kerugian lahan maka kemungkinan proyek itu akan mundur hingga Juni 2018. Sehingga, penundaan itu kemungkinan akan memperlambat target penyelesaian yang semula Juni 2019.

Diketahui, pembangunan tol Padang Pariaman-Pekanbaru ini dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan biaya investasi diperkirakan mencapai Rp78,09 triliun. Seluruh ruas yang akan dikerjakan tiga tahap itu ditargetkan selesai dalam lima tahun hingga 2023.

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru nantinya dilakukan dalam tiga tahap hingga 2023. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 km.

Tags : Tol Padang Pariaman-Pekanbaru , Sumatera Barat

Berita Terkait