Jelang Lebaran, PLN Siapkan "Personel Keandalan" Jaga Pasokan Listrik

| Senin, 04/06/2018 03:35 WIB
Jelang Lebaran, PLN Siapkan "Personel Keandalan" Jaga Pasokan Listrik Pemeliharaan kabel listrik oleh PLN. (Foto: bisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Masa libur lebaran Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Karena itu, PT PLN (Persero) sudah mempersiapkan keandalan pasokan listrik jelang Lebaran. Direktur utama PT PLN Sofyan Basir menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan 20.000 personel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengamankan keandalan pasokan listrik.

"Ada 20.000 untuk tanggap darurat, seluruh perlengkapan persiapan sudah dilakukan mudah-mudahan persiapan sudah berjalan dengan baik," kata Sofyan Basir usai menghadiri acara Kementerian BUMN di Institut Pertanian Bogor (IPB), Minggu, 3 Juni 2018.

Dia menuturkan, persiapan petugas tanggap darurat ini akan siaga 24 jam selama seminggu sebelum lebaran dan seminggu sesudah lebaran. Hal itu agar masyarakat menikmati libur lebaran bersama keluarga dengan tenang.

"Jumlah pekerja itu (sudah dibagi untuk siaga) 24 jam sampai 14 hari," jelasnya seperti dikutip dari laman detik.com, Senin, 4 Juni 2018.

Diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, pada akhir 2017 rasio elektrifikasi sudah mencapai 95,3%. Angka itu melebihi target yang telah ditetapkan sebesar 92,75%.

Rasio elektrifikasi adalah perbandingan antara jumlah penduduk yang telah mendapat listrik dengan total jumlah penduduk di suatu wilayah. Untuk tahun ini pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi mencapai 97,5%.

Hingga saat ini ada 2.500 desa yang masih belum tersentuh listrik. Belum lagi ada 8.000 desa yang baru sebagian wilayahnya bisa menikmati listrik. Wilayah itu menjadi sangat penting dilistriki.

Tags : PT PLN , Personel Keandalan , Libur Lebaran

Berita Terkait