Rupiah Tembus Rp15.000/Dollar, Jokowi: Dipengaruhi Faktor Eksternal

| Rabu, 05/09/2018 20:47 WIB
Rupiah Tembus Rp15.000/Dollar, Jokowi: Dipengaruhi Faktor Eksternal Presiden Jokowi memberikan sepeda dan rumah untuk Joni, (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo mengungkapkan faktor melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat hingga tembus di angka Rp15.000/Dollar.

Menurut Presiden Jokowi, ada faktor eksternal yang menyebabkan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, diantaranya berkaitan dengan kenaikan suku bunga The Fed, perang dagang AS-China.

“Ini adalah faktor eksternal yang bertubi-tubi, baik yang berkaitan dengan kenaikan suku bunga di Amerika, yang berhubungan dengan perang dagang AS-China, maupun yang berkaitan dengan krisis di Turki dan Argentina,” kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta Utara, Rabu 5 September 2018.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa dirinya selalu melakukan koordinasi di sektor fiskal, moneter, industri, dan dengan pelaku-pelaku usaha, karena koordinasi yang kuat akan menjadi kunci sehingga jalannya segaris semuanya.

“Kuncinya memang hanya ada dua, di investasi yang harus terus meningkat dan ekspor yang juga harus meningkat sehingga bisa menyelesaikan defisit transaksi berjalan.

Tags : Rupiah , Dollar , Jokowi ,