Bank Dunia: Era Jokowi Kemiskinan Kurang dari 10%

| Senin, 01/07/2019 18:30 WIB
Bank Dunia: Era Jokowi Kemiskinan Kurang dari 10% Bank Dunia mencatat kemiskinan di Indonesia kurang dari 10 persen. (Foto: marketeerscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali memimpin Indonesia untuk periode lima tahun ke depan. Salah satu hal yang disorot dari kepemimpinan Jokowi pada periode pertama adalah persoalan ekonomi.

Bank Dunia memberikan penilaian pada pemerintahan Jokowi di periode pertama. Selain itu juga memberikan saran agar ekonomi Indonesia melaju kencang ke depannya.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Rodrigo Chaves mengatakan bahwa selama periode 2014-2019 Jokowi sukses membangun perekonomian. Meskipun, menurutnya, Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan, salah satunya adalah penurunan harga komoditas.

Keberhasilan pemerintah dalam mengelola ekonomi terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang bisa dipertahankan sekitar 5% per tahun, penciptaan lapangan kerja baru, serta penurunan angka kemiskinan terendah dalam sejarah.

"Kita percaya, selama periode 2014-2019, Indonesia ekonomi sangat sukses. Kemiskinan kurang 10% dalam sejarah," kata Rodrigo di Energy Building, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

Dia menuturkan, Indonesia berambisi menjadi negara yang besar, karena itu dibutuhkan produktivitas serta kapasitas pemerintahan yang baik. Rodrigo juga memberikan saran untuk periode berikutnya pemerintah perlu fokus mendorong 5 sektor.

"Kami memandang, pemerintahan yang baru nanti harus fokus pada 5 sektor, termasuk human capital, pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik, mengumpulkan lebih banyak lagi pajak, belanja pemerintah yang lebih efektif dan efisien, serta mengimplementasikan reformasi birokrasi lebih efektif," pungkasnya seperti dikutip dari detik.com.

Tags : Bank Dunia , Ekonomi Indonesia , Jokowi

Berita Terkait