Sri Mulyani Pastikan Kemenkeu Jaga APBN 2020 Tetap Sehat

| Rabu, 21/08/2019 14:35 WIB
Sri Mulyani Pastikan Kemenkeu Jaga APBN 2020 Tetap Sehat Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen fiskal memiliki peran penting dalam mengelola perekonomian. Tidak hanya dari sisi belanja, tapi juga dari sisi penerimaan dan pembiayaan.

"Kami di Kemenkeu terus jaga agar APBN sebagai instrumen fiskal terus dalam kondisi sehat, kredibel dan akuntabel transparansi jadi sangat penting," kata Sri Mulyani dalam acara Seminar Nasional BAKN DPR RI dengan tema `Nota Keuangan APBN 2020, Mengawal Akuntabilitas Penerimaan Negara, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

Dijelaskannya, dengan APBN yang sehat ini maka kepercayaan dari seluruh stakeholder pengusaha, masyarakat market akan terus terjaga. Hal itu juga akan mempengaruhi efektifitas dari APBN sebagai instrumen kebijakan untuk mencapai tujuannya.

"Kalau kita bicara Nota Keuangan APBN 2020 tidak bisa dilepaskan dari pidato pak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pidato Preaiden Jokowi telah menyampaikan bahkan Indonesia punya tujuan jelas yang sesuai dan sudah digariskan para pendiri bangsa," terangnya.

Sri Mulyani menambahkan, tantangan ke depan yang harus dihadapi itu perlu diidentifikasi dengan baik. Banyak tantangan ke depan yang sifatnya struktural fundamental.

"Karena itu dari sisi pemerintah lihat tantangan tersebut dan bagaimana desain kebijakan dalam APBN 2020," pungkasnya.

Tags : Menteri Keuangan , APBN 2020

Berita Terkait