Menteri Sri Mulyani Ungkap 5 Skill Calon Ekonom

| Senin, 02/09/2019 21:49 WIB
Menteri Sri Mulyani Ungkap 5 Skill Calon Ekonom Menkeu Sri Mulyani lantik 21 Pejabat Eselon II Kemenkeu di Jakarta (foto: Cahyo/kemenkeugoid)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ada lima keahlian atau skill yang diperlukan untuk menjadi calon ekonom.

“Ada lima skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang economist yaitu critical-thinking skills, analytical skills, math skills, writing skills, dan oral communication skills,” ujar Menkeu Sri Mulyani dalam kuliah umum Pengantar Ilmu Ekonomi dengan tema "What is Economics?” di UI Depok, Senin 2 September 2019.

Dalam kesempatan itu pula, Menteri Sri Mulyani berharap mahasiswa/i FEB UI harus bisa menjelaskan permasalahan ekonomi dengan prinsip-prinsip ekonomi.

Meskipun, lanjut perempuan yang akrab disapa Ani itu,  tidak semuanya bisa diselesaikan dengan prinsip-prinsip ekonomi karena ada aspek politik, sosial, dan budaya yang perlu dipertimbangkan.

Sementara dalam penjelasan soal opportunity cost, Ani menjelaskan, kesempatan atau peluang yang hilang jika memilih suatu hal atau kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi, dan dalam hal pilihan yang akan dipilih tersebut, kesempatan yang hilang tadi dianggap sebagai biaya peluang.

“Contohnya, saat mahasiswa memilih berkuliah di Universitas Indonesia dibandingkan dengan universitas lain. Contoh lainnya, pedagang bubur ayam di UI memutuskan untuk tidak membuat menu sarapan lainnya karena mereka tahu bahwa mahasiswa FEB UI lebih memilih untuk sarapan dengan bubur ayam,” jelasnya.  

Tags : Sri Mulyani , Ekonom ,

Berita Terkait