Buka Munas XVI HIPMI, Jokowi Ingatkan Soal Revolusi Konsumen di Indonesia

| Senin, 16/09/2019 20:21 WIB
Buka Munas XVI HIPMI, Jokowi Ingatkan Soal Revolusi Konsumen di Indonesia Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Munas XVI HIPMI di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9). (Foto: twitter @setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tahun 2020 mendatang akan ada Revolusi Konsumen di Indonesia, akan ada 141 juta penduduk yang naik kelas menjadi middle class influence consumer. Menurutnya, dibandingkan 5 tahun lalu yang jumlahnya hanya 70 jutaan, telah terjadi peningkatan lebih dari 100 persen.

“Ini besar sekali. Inilah bukti adanya Revolusi Konsumen di Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9) pagi.

Selain mengalami kenaikan jumlah, menurut Presiden, sebaran geografis konsumen pun juga semakin merata. Jika 5 tahun yang lalu, lanjut Presiden, hanya 25 kabupaten dan kota yang memiliki konsumen kelas menengah lebih dari 500 ribu, maka tahun depan akan meningkat menjadi 54 kabupaten dan kota.

“Artinya, meningkatnya juga 2 kali lebih,” ucapnya.

Baca Juga: Resmikan Pabrik Mobil Esemka, Jokowi Ajak Semua Pihak Mendukung

Untuk itu, mantan Walikota Solo itu mengingatkan para pengusaha, khususnya pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI agar berhati-hati dalam mengantisipasi hal itu, karena implikasinya Revolusi Konsumen akan membuat Indonesia semakin menarik.

“Hati-hati. Jangan sampai yang mengambil manfaat ini justru dari negara lain, dari asing. Hati-hati ini. Karena artinya apa, Indonesia akan semakin atraktif bagi investasi bisnis global. Apalagi dalam situasi perang dagang dan ancaman resesi, magnet konsumen kita akan semakin kuat,” tegas Jokowi.

Untuk itu, Kepala Negara berpesan jangan sampai peluang-peluang, opportunity yang ada dipakai oleh merek-merek asing, dipakai olah negara-negara luar, sehingga mereka berbondong-bondong memanfaatkan kesempatan ini.

Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus bekerja keras untuk menyingkirkan semua hambatan-hambatan investasi, agar bersamaan dengan revolusi konsumen tahun depan, kita benar-benar bisa menjadi magnet investasi.

“Diharapkan kita bisa mengalahkan negara-negara lain, karena tidak semua negara memiliki raksasa konsumen seperti yang kita miliki sekarang ini,” ujarnya.

Diketahui, turut hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua DPD RI Oesman Sapta, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Jaksa Agung Prasetyo, dan Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahaladia.

Tags : Jokowi , Munas XVI HIPMI , Revolusi Konsumen , Indonesia