Lowongan CPNS Dorong Konsumen Optimis pada Perekonomian Indonesia

| Jum'at, 06/12/2019 13:29 WIB
Lowongan CPNS Dorong Konsumen Optimis pada Perekonomian Indonesia Grafik Kepuasan Konsumen (Sumber: BI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Hasil survei Bank Indonesia (BI) per November 2019 terhadap masyarakat Indonesia menyebutkan adanya penguatan optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian di Indonesia. Survey tersebut menyebutkan bahwa faktor yang paling dominan menguatkan optimisme mayarakat adalah peningkatan ketersediaan lapangan pekerjaan salah satunya melalui dibukanya lowongan CPNS.

Terdaftar sebanyak 152 ribu lowongan CPNS yang dibuka di Bulan November 2019. Adapun presentase optimisme tertinggi berasal dari responden berpendidikan sarjana serta masyarakat yang berada dibawah usia 50 tahun.

Sejauh ini data yang dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan lebih dari 5 Juta akun yang telah mendaftar melalaui SSCASN. Selebihnya 4,5 Juta akun telah mengisi formulir dan 4 Juta akun yang telah menyerahkan formulir.

Melalui akun twitter BKN, disebutkan formasi dengan pelamar terbanyak adalah Analisis Kinerja yang mencapai 1.321 pelamar. Adapun bagi penyandang disabilitas, formasi yang ingin mereka tempati mencapai 9.238 formasi.

Tingginya minat masyarakat mengikuti pendaftaran ini terlihat dari naiknya presentase dari 5,1 poin pada bulan sebelumnya menjadi 94,5 poin pada survey Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2019.

Tags : BI , CPNS , Perekonomian , Konsumen