Sengketa Nikel di WTO, Indonesia Siap Konsultasi dengan Uni Eropa

| Selasa, 07/01/2020 18:42 WIB
Sengketa Nikel di WTO, Indonesia Siap Konsultasi dengan Uni Eropa WTO OMC (foto: wto.org)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia bersiap melakukan pertemuan konsultasi untuk membahas kebijakan mineral dan batu bara Indonesia dengan Uni Eropa.

Persiapan pertemuan konsultasi ini dibahas pada pertemuan konsolidasi antara Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Luar Negeri dan kementerian/lembaga terkait serta para pemangku kepentingan di sektor tambang yang berlangsung di Kemendag, Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

Pertemuan konsultasi Indonesia dan Uni Eropa dijadwalkan berlangsung pada 30 Januari 2020 di kantor Organisasi Perdagangan Internasional (World Trade Organization/WTO) di Jenewa, Swiss.

"Saat ini, Indonesia sedang meningkatkan koordinasi lintas kementerian untuk menggali serta mempersiapkan posisi Indonesia dalam menghadapi Uni Eropa di WTO. Hal ini merupakan salah satu tindak lanjut kita dan tentu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan upaya pembelaan kepentingan Indonesia di forum perdagangan internasional," tegas Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Sebelumnya, pada 29 November 2019, Indonesia telah menyetujui permintaan konsultasi oleh Uni Eropa dalam kerangka WTO guna membahas kebijakan mineral dan batu bara Indonesia. Pertemuan konsultasi ini merupakan tindak lanjut dari gugatan Uni Eropa atas kebijakan ekspor nikel yang dikeluarkan Indonesia.

Tags : Nikel Indonesia , WTO , Kemendag

Berita Terkait