LPEI dan Kemenlu Tandatangani Nota Kesepahaman

| Kamis, 09/01/2020 14:39 WIB
LPEI dan Kemenlu Tandatangani Nota Kesepahaman Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Foto: Investor.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Dalam rangka mendorong peningkatan ekspor Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersama Kementerian Luar Negeri dan Universitas Indonesia menandatangani nota kesepahaman bersama yang berbentuk kerjasama tentang pengembangan kapasitas SDM dan Kebijakan.

Kerjasama ini meliputi pembuatan kajian dan penyusunan rekomendasi mengenai potensi kerjasama perdagangan, analisis pengolahan dan perlindungan data serta rekomendasi outbound investment Indonesia.

LPEI dan Kemenlu bersama UI juga akan menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pejabat/staf Kementrian Luar Negeri dalam menganalisis peluang kerjasama ekonomi di mancanegara.  

Dengan adanya upaya kerjasama ini, LPEI dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia dengan memperkuat diplomasi ekonomi Indonesia baik melaui rekomendasi kebijakan maupun pelatihan peningkatan SDM.

Sejauh ini, LPEI mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan sejumlah kajian terkait peluang dan potensi ekspor ke beberapa wilayah seperti Afrika, Amerika Latin dan Karibia (Road to Africa dan Road to Latin America and The Caribbean) serta pengalaman dalam membantu BUMN untuk melakukan penetrasi pasar ke negara tujuan ekspor baru.

“Kami berharap dengan adanya nota kesepahaman dapat menunjang diplomasi ekonomi Indonesia lebih baik lagi,” Kata Direktur Eksekutif LPEI, Daniel James pada Hari Rabu, 8 Januari 2019.

 

 

Tags : LPEI , KEMENLU