Tantangan SDM di Era Ekonomi Digital

| Selasa, 14/01/2020 18:30 WIB
Tantangan SDM di Era Ekonomi Digital Ilustrasi Ekonomi Digital (Foto: Ekonomi.kompas.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi tersebut memberikan tantangan dan peluang bagi perkembangan perekonomian ke depan.

Di satu sisi, digitalisasi, otomatisasi, dan penggunaan kecerdasan buatan dalam aktivitas ekonomi akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam produksi modern, serta memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.

Digital teknologi juga membantu proses pembangunan di berbagai bidang di antaranya pendidikan melalui distance learning, di pemerintahan melalui e-government, inklusi keuangan melalui fin-tech, dan pengembangan UMKM seiring berkembangnya e-commerce.

Namun di sisi lain, perkembangan revolusi industri 4.0 berpotensi menyebabkan hilangnya pekerjaan di dunia. Studi dari Mckinsey memperkirakan 60 persen jabatan pekerjaan di dunia akan tergantikan oleh otomatisasi.

Di Indonesia diperkirakan 51,8 persen potensi pekerjaan yang akan hilang. Di samping itu, tumbuhnya berbagai aktivitas bisnis dan jual beli berbasis online belum dibarengi dengan upaya pengoptimalan penerimaan negara serta pengawasan kepatuhan pajak atas transaksi tersebut. Hal ini penting menjadi perhatian mengingat sebagian besar transaksi digital bersifat lintas negara.

Sebelumnya Kementerian Keuangan telah menetapkan aturan perlakuan pajak untuk transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce). Aturan ini diberlakukan terhitung dari tanggal 1 April 2019. Peraturan ini disinyalir untuk mendorong kepatuhan perpajakan para pelaku e-commerce demi menciptakan perlakuan yang setara dengan pelaku usaha konvensional. Namun sejauh ini belum terdapat informasi lanjutan mengenai efektif tidaknya PP E-commerce tersebut.

Dengan hampir matangnya pertumbuhan ekonomi digital, maka tantangan SDM kedepan semakin besar. SDM dihadapkan untuk meningkatkan keterampilan internal, beradaptasi dengan struktur dan cara kerja terbaik, serta menciptakan tim yang dapat memaksimalkan teknologi – teknologi baru.

 

Tags : Tantangan SDM , Ekonomi Digital

Berita Terkait