IA-CEPA, Kemendag: Hubungan bilateral Indonesia Australia Semakin Kuat

| Rabu, 12/02/2020 17:32 WIB
IA-CEPA, Kemendag: Hubungan bilateral Indonesia Australia Semakin Kuat Indonesia-Australia Business Forum (foto: kemendaggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Kadin Indonesia dan Australia Indonesia Business Council (AIBC) menggelar Forum Bisnis Indonesia-Australia yang berlangsung di Hotel Shangri La, Sydney, Australia, Selasa 11 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI), Iman Pambagyo memberikan sambutan mewakili Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto mengatakan Dirjen PPI menyatakan bahwa Indonesia berharap, dengan telah diratifikasi IA-CEPA ini, maka dalam 5 tahun ke depan, kedua negara sudah mempunyai peta jalan yang jelas (plan of action).

“Diharapkan hubungan bilateral Indonesia-Australia akan semakin kuat dan saling menguntungkan,” kata Iman Pambagyo dikutip laman kemendaggoid, Rabu 12 Februari 2020.

Untuk diketahui, kegiatan forum bisnis diisi dengan Panel Diskusi dengan tema “IA-CEPA: A Pathway to Explore Opportunities Next Door” dengan narasumber yaitu State Director, NSW State Office, Trudy Witbreuk; Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Kamdani; Ketua Umum GAPMMI, Adhi Lukman; serta National President of AIBC, Philip Turtle.

Selain menggelar diskusi panel, pada forum bisnis ini juga digelar penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) antara pelaku usaha Indonesia dan Australia. Terdapat 10 perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang fesyen, dekorasi rumah, kerajinan, makanan dan minuman, kopi, pupuk, dan niaga elektronik (e-commerce).

Tags : Kemendag , Forum Bisnis Indonesia Australia

Berita Terkait