Kemenperin Usul Impor Bahan Baku Industri Daging Dipermudah

| Selasa, 05/05/2020 13:05 WIB
Kemenperin Usul Impor Bahan Baku Industri Daging Dipermudah Produk Industri Daging (Foto: Halodoc)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mengusulkan agar industri pengolahan daging memperoleh kemudahan bahan baku dengan harga yang kompetitif. Usulan ini didasari oleh asumsi agar industri tersebut dapat memasok kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Agar industri pengolahan daging kita semakin produktif dan berdaya saing, kami telah mengusulkan untuk diberi akses impor bahan baku daging secara langsung dan dipisahkan antara kebutuhan industri dengan kebutuhan konsumsi,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim di Jakarta, Senin 4 Mei 2020.

Rochim menjelaskan, saat ini masih ada permintaan produk daging olahan di pasar. Untuk itu, industri pengolahan daging perlu dijaga ketersediaan stok bahan bakunya.

“Terutama untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan hingga jelang Idul Fitri, yang diperkirakan mencapai 302,3 ribu ton,” ungkapnya.

Namun, Rochim mengemukakan, industri pengolahan daging juga tengah menghadapi tantangan di tengah dampak pandemi Covid-19. Misalnya, terjadi penurunan permintaan dari pedagang makanan yang berjualan di lokasi wisata, sekolah, atau tempat umum lainnya.

“Tetapi untuk permintaan dari konsumen rumah tangga cukup meningkat karena mereka bisa membeli secara online,” tuturnya.

Rochim pun menegaskan, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh sektor industri binaan yang saat ini masih beroperasi agar dapat mematuhi penerapan protokol kesehatan.

“Kami memandang industri pengolahan daging memiliki pola produksi yang sudah modern dan berstandar, sehingga implementasi dari protokol kesehatan ini tidak menghambat produktivitas dan operasional industri pengolahan daging,” imbuhnya.

Tags : Industri daging , Impor , Bahan Baku

Berita Terkait