Ekspor Kayu Lapis Kaltim ke AS Meningkat

| Minggu, 31/05/2020 14:01 WIB
Ekspor Kayu Lapis Kaltim ke AS Meningkat Ekspor Kayu Lapis ke AS Tetap Berjalan (Doc: Agro Indonesia)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Karantina Pertanian Samarinda memfasilitasi ekspor kayu lapis (plywood) asal Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak 77,952 meter kubik dengan tujuan Ekspor Pasar Amerika Serikat. Ekspor kali ini juga setara dengan nilai ekonomis Rp. 752,4 Juta Rupiah.

Kepala Karantina Pertanian Samarinda, Agus Sugiyono menyampaikan, data ekspor Plywood yang difasilitasi pihaknya ke USA selama Kuartal I tahun 2020 adalah sebanyak 596,56 meter kubik dan setara Rp 5,56 miliar. Angka tersebut meningkat sebanyak 8% dibanding periode sama tahun 2019 yang hanya berhasil mencatat sebanyak 550,48 ton dengan perolehan nilai ekonomi Rp. 5,13 miliar.

"Dukungan pemerintah daerah dan kerjasama petani dan pelaku usaha yang sinergis, sehingga produk berkualitas dan pasar dapat terus berkelanjutan," ungkapnya di Jakarta.

Agus mengatakan meski kondisi ekonomi yang melemah akibat wabah pandemi global, permintaan AS terhadap produk olahan asal sub sektor kehutanan ini tidak melemah terlebih justru terus meningkat.

Lebih lanjut, pihaknya juga memastikan serangkaian tindakan karantina terhadap produk plywood tetap dilakukan, seperti perlakukan fumigasi guna memastikan kayu maupun produk olahan kayu  sehat, aman dan diterima di negara tujuan ekspor.

 

Tags : Ekspor , Plywood , Kaltim

Berita Terkait