OPEC Plus Perpanjang Pemangkasan Produksi Minyak

| Minggu, 07/06/2020 14:24 WIB
OPEC Plus Perpanjang Pemangkasan Produksi Minyak Ilustrasi Kilang Minyak Mentah (Foto: Wajibbaca)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota OPEC Plus, Rusia sepakat untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak mentah hingga akhir Juli bersama dengan anggota OPEC dan sekutunya. Rusia juga meminta kepada Nigeria dan Irak untuk dapat mengimbangi pemotongan minyak pada Juli hingga September.

Sebelumnya, di bulan April, OPEC Plus telah bersepakat untuk memotong produksi minyak sebesar 9,7 juta barel per hari untuk periode Mei-Juni. Kali ini pemotongan akan berlanjut ke angka 7,7 juta barel per hari dari Juli hingga Desember.

“Permintaan akan kembali membaik setelah negara-negara mulai melonggarkan kebijakan lockdown akibat pandemi virus corona. Tetapi, kami juga harus mewaspadai tantangan lain yang tetap ada," kata Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman dalam video conference di Pertemuan Tingkat Menteri non-OPEC, dikutip dari Reuters Minggu 7 Juni 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Pangeran menyampaikan bahwa sangat penting bagi semua produsen utama untuk berkomitmen penuh demi menyeimbangkan dan menstabilkan pasar minyak yang kini terkena badai virus corona.

“Permintaan minyak global diperkirakan masih akan berkontraksi sekitar 9 mb di sepanjang tahun 2020,” pungkasnya.

Tags : Opec , Rusia , Minyak

Berita Terkait