Harga Minyak Mentah Naik Pasca Kesepakatan Opec

| Selasa, 09/06/2020 13:09 WIB
Harga Minyak Mentah Naik Pasca Kesepakatan Opec Harga Minyak Dunia Naik (Foto: Fortune)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah dunia di perdagangan Selasa 9 Mei 2020 naik pasca terbentuknya kesepakatan Opec. Sebelumnya pada Minggu, 7 Mei 2020, Anggota Opec dan Opec Plus telah berhasil berunding untuk menekan produksi minyak hingga 7,7 juta barel per hari dari Juli hingga Desember 2020.

Dikutip dari Reuters, saat ini harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 1,3 persen menjadi 38,69 dolar AS per barel. Sementara untuk minyak mentah berjangka Brent naik 1,4 persen menjadi 41,36 dolar AS per barel.

"Dengan posisi harga minyak brent yang sangat baik di atas $ 40, ada pembicaraan di antara para pedagang bahwa WTI akan menguji tingkat itu segera, "kata kepala strategi pasar di CMC Markets, Michael McCarthy dikutip dari Reuters.

Peningkatan harga minyak ini juga didorong oleh kebijakan PSBB yang mulai dilonggarkan di beberapa negara. Diketahui, di beberapa negara seperti Inggris dan New York mulai membuka kembali aktivitas ekonomi di minggu ini tepat setelah kurang lebih tiga bulan menerapkan pembatasan sosial. Hal ini memicu peningkatan permintaan bahan bakar seperti pada saat kondisi sebelum meluasnya wabah Covid-19.

Tags : Minyak , Harga , Opec