Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 0 Persen

| Kamis, 11/06/2020 08:40 WIB
Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 0 Persen Jakarta, Indonesia di Sore Hari (Doc: Azamara)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Dunia memprediksi angka pertumbuhan Indonesia di tahun 2020 adalah 0%. Angka tersebut merupakan skenario terburuk yang bisa terjadi pada perekonomian RI.

Sebelumnya, di tahun 2019 pertumbuhan Indonesia diprediksi di angka 5,0 % dengan realisasi nyata sebesar 5,02%. Beberapa negara asia pasifik seperti China diprediksi tumbuh di angka 1,0 persen begitu pula dengan Malaysia. Untuk Vietnam ekonomi diprediksi jauh lebih tinggi di angka 2,8 persen dan 9 negara sisanya diprediksi tumbuh minus. Penurunan terdalam diprediksi terjadi di Kepulauan Solomon yaitu -6,7 persen dan Thailand -5,0 persen.

“Pandemi kemungkinan akan semakin memperlambat potensi pertumbuhan di wilayah ini (Asia Timur dan Asia Pasifik) melalui lemahnya investasi dan rantai pasokan yang telah menjadi saluran penting bagi peningkatan produktivitas selama dekade terakhir (Bank Dunia 2020a, 2020d),” demikian kutipan resmi dari Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prospect, Juni 2020.

Kondisi ekonomi yang memburuk diperkirakan akan berlanjut hingga pertengahan tahun 2020 sebagai akibat dari mandeknya aktivitas ekonomi akibat kebijakan ‘lockdown’ di masing-masing wilayah.

“Prospek di setiap wilayah masih bergantung pada kondisi ketidakpastian sepanjang durasi pandemi yang tidak dapat dipastikan kapan bisa berakhir. Begitupula prospek regional juga akan memburuk  jika ketegangan perdagangan global kembali meningkat,” jelas laporan tersebut.

Tags : Bank Dunia , Indonesia , GDP

Berita Terkait