Serap Banyak Tenaga Kerja, Cak Imin Minta Stimulus UMKM Diprioritaskan

| Senin, 06/07/2020 12:41 WIB
Serap Banyak Tenaga Kerja, Cak Imin Minta Stimulus UMKM Diprioritaskan Cak Imin saat berdialog dengan pedagang di Sentra Batik Cirebon 5/2018 (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tersendatnya kegiatan ekonomi imbas penularan virus Corona di Indonesia dinilai paling mempengaruhi pelaku usaha sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tingkat permodalannya terbatas. Padahal, sektor ini malah banyak menyerap tenaga kerja.

Pemerintah selayaknya lebih memprioritaskan UMKM dibanding pengusaha besar, karena UMKM merupakan penopang perekonomian nasional dan menyerap banyak tenaga kerja. Jika UMKM bangkit maka perekonomian akan membaik dan dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar meminta upaya nyata dari pemerintah untuk menyelamatkan sektor usaha ini. Menurut dia, UMKM harus diberi prioritas stimulus agar tetap eksis.

"Sektor UMKM harus diberi prioritas stimulus di masa Pandemi ini. Selain menyerap banyak tenaga kerja, ia juga merupakan katub pengaman sosial," tulis Cak Imin di lama Instagram pribadinya @cakiminow, Senin, 7 Juli 2020.

Ketua Tim Pengawas Penanganan Covid-19 DPR RI ini menambahkan, stimulus yang diberikan pemerintah untuk mendukung UMKM dan dunia usaha lambat. Hal ini berdampak pada laju UMKM yang juga ikut melambat.

 

Oleh karena itu, Cak Imin meminta pemerintah untuk mempercepat penyaluran dana stimulus UMKM agar ekonomi menengah ke bawah terus bergeliat.

"Lambatnya penyaluran dana stimulus ke UMKM harus dipercepat. Kreatifitas dan kelincahan birokrasi menjadi kunci ketepatan program," tutup Cak Imin.  

Tags : Cak Imin , UMKM , Corona , Covid19

Berita Terkait