Halmahera Timur Panen Perdana Korporasi Benih Padi

| Kamis, 09/07/2020 11:10 WIB
Halmahera Timur Panen Perdana Korporasi Benih Padi Bupati Halmahera Timur Mengawal Panen Perdana (Doc: Ditjen Pangan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kabupaten Halmahera Timur melakukan panen perdana oleh korporasi benih Padi Varietas Mekongga di Kelompok Tani Suka Maju (Paito), Desa Akedaga, Kecamatan Wasile Timur.

Salah seorang petani di wilayah tersebut, Paito mengungkapkan hasil panen benih sangat menguntungkan bagi petani.

“Yang semula harus mendatangkan benih dari pulau Jawa, saat ini  tidak kesulitan mencari benih berlabel, unggul, bermutu dan yang jelas menambah kesejahteraan ekonomi masyarakat tani di wilayahnya,” ujarnya pada Kamis 9 Juli 2020.

Paito mengatakan capaian tersebut membuat para petani menjadi lebih bersemangat karena pihaknya kini tak perlu ambil pusing terkait penyerapan konsumen pasarnya.

“Ini menjadikan kami terus semangat. Yang menarik buat kami, hasil panennya langsung dibeli oleh mitra dalam hal ini oleh PT.Pertani dan kami tidak perlu memikirkan pasarnya,” kata Paito dengan bangga.

Panen ini dilakukan oleh kelompok tani bersama dengan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Timur, Kepala Balai Pengkajian Teknologi (BPTP) Maluku Utara, Kepala Badan Pusat Statistik Halmahera Timur, Camat Wasile Timur serta Danramil 1503 Wasile.

Untuk langkah selanjutnya, rencananya hasil panen ini akan diambil sampel calon benihnya untuk diujikan ke Laboratorium Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih dan selanjutkan diterbitkan label hasil sertifikasi mutu benihnya.

Tags : Halmahera , Panen , Padi

Berita Terkait