Harga Minyak Mentah Tergelincir Jelang Pertemuan OPEC

| Senin, 13/07/2020 12:40 WIB
Harga Minyak Mentah Tergelincir Jelang Pertemuan OPEC Harga Minyak Mentah Lagi-Lagi Turun (Foto: Fortune)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Harga Minyak Dunia kembali tergelincir di awal pekan menjelang pertemuan Negara OPEC.

Hari ini, harga minyak mentah Brent LCOc1 di pasaran turun 27 sen menjadi $ 42,97 per barel. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) CLc1 berada di $ 40,27 per barel atau turun 28 sen.

Penurunan harga minyak ini terjad akibat tekanan kasus Covid-19 yang mulai meningkat. Beberapa negara seperti Korea Selatan dan Australia yang sebelumnya mengumumkam nihilnya kasus covid di negaranya, sekarang tengah memikirkan ulang untuk memberlakukan kebijakan lockdown.

Hal ini juga tak terkecuali terjadi pada AS. Reuters mengabarkan AS mulai memberlakukan pembatasan perjalanan yang lebih ketat di teritorialnya, yang hal ini otomatis mengurangi pemulihan permintaan minyak pada negara konsumen terbesar di dunia.

Sebelumnya, di beberapa minggu ini harga minyak dunia telah pulih tajam dari posisi terendah sejak April, Mei dan Juni dan pasca kesepakatan OPEC serta Rusia untuk memangkas produksi minya hingga menyentuh rekor 9,7 juta barel per hari sejak Mei. Kendati demikian, wabah Covid-19 tetap menghantui dan nasib minyak tidak dapat dipastikan hingga wabah dipastikan hilang.

Tags : Minyak , OPEC , Harga