Tak Seluruhnya Ditenggelamkan, Kini Kapal Ilegal Dihibahkan ke Institusi Pendidikan

| Kamis, 16/07/2020 12:18 WIB
Tak Seluruhnya Ditenggelamkan, Kini Kapal Ilegal Dihibahkan ke Institusi Pendidikan Penyitaan Kapal Ilegal (Doc: KKP)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan pihaknya tak lagi menenggelamkan keseluruhan kapal ilegal. Sebaliknya ia menggunakan opsi lain seperti dihibahkan ke institusi pendidikan atau membuka kesempatan kepada korporasi untuk menggunakannya.

"Penenggelaman kita lanjutkan, "kalau kita tangkap dia lari kita tenggelamkan," kata Menteri Edhy dalam forum Chief Editor Meeting (CEM) di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Selasa 14 Juli 2020.

Edhy juga menegaskan jika dirinya tidak anti penenggelaman kapal. Hanya saja ia menilai masih ada yang opsi lain yang menurutnya perlu dimanfaatkan.

"Banyak kampus yang tidak punya (kapal), saya prioritaskan untuk kampus KKP sendiri," urainya.

Guna menepis kekhawatiran kapal-kapal asing sitaan akan dijual oleh oknum tak bertanggung jawab, Edhy menyebut dirinya akan memasang alat khusus. Selain itu, KKP akan melakukan pengawasan agar kapal yang sudah dihibahkan, tidak mudah dipindahtangankan.

"Ada pengawasan, kita pasang apa kalau dijual ketahuan," jelasnya

Ia mengaku pihaknya saat ini juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan serta Kejaksaan Agung guna menyusun mekanisme penyerahan eks kapal asing.

Khusus untuk kampus, tidak akan diminta dana sepeserpun dalam proses hibah tersebut. Sementara bagi koperasi, akan ada mekanismenya untuk mencegah penyalahgunaan di kemudian hari.

"Kampus tidak perlu proses bayar, kalau koperasi ada mekanismenya," katanya.

 

Tags : Kapal Ilegal , Hibah , Penenggelaman

Berita Terkait