Kadin Dorong Penggunaan Teknologi Iradiasi untuk Awetkan Bahan Pangan

| Jum'at, 17/07/2020 15:10 WIB
Kadin Dorong Penggunaan Teknologi Iradiasi untuk Awetkan Bahan Pangan Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kamar Dagang Industri (KADIN) menilai teknik dan proses pengawetan pangan modern perlu dikembangkan, agar bahan pangan nasional makin meningkat daya saingnya.

Salah satu teknik pengawetan yang bisa dikembangkan lebih jauh adalah dengan pemanfaatan teknologi Iradiasi.

“Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama dikembangkan oleh lebih dari 70 negara di dunia untuk menerapkan teknik iradiasi pangan. Sayangnya, karena kondisi geografis dan potensi pangan yang dimiliki Indonesia, jasa layanan pengawetan pangan yang kita miliki baru ada 2,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani, Kamis 16 Juli 2020.

Situasi saat ini menurutnya menjadi tantangan dan peluang bagaimana agar teknik iradiasi dapat lebih dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia. Sekarang ini, teknik pengawetan bahan pangan yang efektif dan efisien serta hiegenis sudah menjadi sebuah tuntutan. 

“Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok penting dalam kehidupan manusia, maka upaya untuk memenuhi kebutuhan yang ada merupakan bagian dari mewujudkan ketahanan pangan nasonal,” ungkapnya.

Rosan menjelaskan salah satu unsur penting untuk mendukung ketersediaan pangan yang mencukupi adalah dengan teknik pengawetan pangan, karena jika tidak dilakukan kerusakan bahan pangan akan terjadi dan kerugian besar tak terhindarkan.

Akibatnya, upaya mewujudkan ketahanan pangan akan sulit terealisasi, mengingat dalam prosesnya diperlukan penyimpanan bahan pangan secara baik, sehingga pada saatnya diperlukan bahan pangan tersebut tetap dalam kondisi baik.

Dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan secara  global, selain bahan-bahan harus tetap terjaga secara baik dari sisi kualitas dan kuantitas, juga sisi hygienis harus diperhatikan. Banyak negara memberlakukan dengan ketat bahan pangan yang akan masuk ke suatu negara. 

 

 

Tags : Iradiasi , Pengawetan , Pangan , Kadin

Berita Terkait