Pemerintah Akan Lakukan Uji Coba Penambangan Minyak Terbuka

| Sabtu, 18/07/2020 13:16 WIB
Pemerintah Akan Lakukan Uji Coba Penambangan Minyak Terbuka Ilustrasi. Pengeboran Sumur Minyak (Foto: Ekbis Sindonews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan uji coba Penambangan Minyak Terbuka ("Open Pit Oil Mining Pilot Project") secara perdana di Wilayah Kerja PT Medco E&P, Desa Tanjung Laut, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Melalui keterangan resminya, Kepala Biro Komunikasi ESDM, Agung Pribadi menyampaikan uji coba open pit ini dilakukan untuk mengetahui volume minyak yang bisa diambil, mitigasi lingkungan yang harus dilakukan, dan keekonomiannya sebagai dasar menentukan langkah selanjutnya.

“Metode open pit oil mining ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia dan telah diimplementasikan secara komersial di Kanada,” ungkap Agung, Jumat 17 Juli 2020.

Koordinator Kelompok Pelaksana Penelitian dan Pengembangan (KP3) Teknologi Eksploitasi PPPTMGB "LEMIGAS" Usman Pasarai menjelaskan proyek ini dilakukan bersama dengan PT Medco E&P Indonesia sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri ESDM Nomor 111.K/11/MEM/2019.

"Uji coba penambangan minyak terbuka oil sands ini merupakan upaya Badan Litbang ESDM dan PT Medco E&P Indonesia, dalam mencari terobosan teknologi yang sesuai guna meningkatkan produksi minyak nasional", tambah Usman.

Uji coba ini dilakukan mengingat Wilayah Kerja PT Medco E&P Indonesia di Iliran High terdapat potensi minyak berat kedalaman dangkal.

Sejak tahun 2004 PT Medco E&P Indonesia memulai survei geologi dan seismik sampai tahun 2010. Pada tahun 2011-2014 dilanjutkan dengan pengeboran, tes sumur, eksplorasi, pekerjaan laboratorium, dan studi geologi, geofisika, dan reservoir. 

Tahun 2015-2018 PT Medco E&P meneruskan studi distribusi reservoir, pengeboran, dan teknologi produksi secara sumuran.

Sampai pada tahap ini, PT Medco E&P Indonesia menilai metode sumuran untuk memproduksikan minyak berat kurang optimal, sehingga opsi oil mining segera dipertimbangkan, diawali dengan uji coba open pit trial.

Tags : Tambang Minyak , ESDM

Berita Terkait