IMF: Ekonomi Global Pulih di Tahun 2021

| Senin, 20/07/2020 11:49 WIB
IMF: Ekonomi Global Pulih di Tahun 2021 IMF, Washington D.C (Doc: Financial Times)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - International Monetary Fund (IMF) menyebut perekonomian global diprakirakan baru akan pulih kembali pada 2021. Demikian diungkapkan dalam pertemuan Negara G20, 18 Juli 2020.

Pihaknya telah menilai bahwa pandemi COVID-19 diprakirakan berskala lebih besar dan berdurasi lebih lama. Ditambah dengan masih lemahnya perbaikan indikator ekonomi pasca pelonggaran kebijakan. Hal inilah yang memastikan perekonomian global akan masih terkontraksi di 2020 dan baru tumbuh positif di 2021.

Alhasil, dalam pertemuan tersebut Negara G20 memutuskan untuk meningkatkan kerjasama dan melanjutkan implementasi kebijakan fiskal, moneter dan sektor keuangan untuk melindungi nyawa dan meningkatkan ketahanan sistem keuangan dari Pandemi COVID-19.

Beberapa aspek yang akan diprioritaskan adalah  perluasan akses ekonomi, pendidikan, dan lapangan kerja bagi perempuan, pemuda, dan UMKM sera pemanfaatan teknologi dalam pembangunan infrastruktur (infratech), dan penguatan resiliensi sektor keuangan.

Lebih lanjut G20 juga menyepakati untuk melanjutkan pemberian keringanan pembayaran utang luar negeri (Debt Service Suspension Initiative) kepada negara-negara miskin yang terdampak COVID-19, serta menegaskan komitmen untuk mencapai konsensus global terkait perpajakan di era ekonomi digital pada akhir tahun 2020.

Tags : IMF , Ekonomi 2021

Berita Terkait