Tak Hanya Tangani Soal Kesehatan, Satgas COVID-19 Juga Urus Perekonomian

| Jum'at, 24/07/2020 16:08 WIB
Tak Hanya Tangani Soal Kesehatan, Satgas COVID-19 Juga Urus Perekonomian Jubir Satgas Penanganan Covid19, Prof Wiku Adisasmito (foto: humas BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan alasan pemerintah mengganti Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menjadi Satgas (Satuan Tugas) karena ada penambahan tugas. Hal itu yakni turut menangani permasalahan ekonomi.

"Jadi, sebenarnya dengan adanya Perpres ini pemerintah melihat bahwa masalah ini ternyata tidak hanya kesehatan, masalahnya berlanjut ke ekonomi dan pemerintah mengantisipasi ini sebelum keadaan menjadi lebih buruk," kata Wiku dikutip dari okezone.com, Jumat, 24 Juli 2020.

Karena itu, jelasnya, Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 ke depan tak hanya menangani persoalan kesehatan, tapi juga permasalahan ekonomi Indonesia. "Supaya penyelesaian di bidang lainnya termasuk ekonomi bisa mendukung kesehatan menjadi lebih cepat. Jadi, ini dua kekuatan yang digabung menjadi satu fokus kita sehingga penanganannya menjadi lebih cepat," ujarnya.

Wiku menegaskan, segi kesehatan dan ekonomi sama pentingnya. Untuk itu, ia memastikan bahwa tidak ada yang berubah dalam ruang lingkup tugas Satgas Penanganan COVID-19. Bahkan, sambungnya, tugasnya juga membantu mengurusi kebijakan diluar kesehatan.

"Tidak ada perubahan sama sekali dalam lingkup tugas dari gugus tugas yang berubah menjadi satgas. Bahkan, kekuatannya ditambah dengan kebijakan-kebijakan yang kaitannya dengan ekonomi. Jadi, dua ini jadi satu kesatuan power Indonesia untuk bisa bangun," tegasnya.

Tags : Satgas COVID-19 , Kesehatan , Ekonomi , Indonesia

Berita Terkait