Holding RS BUMN Diresmikan, Erick Thohir Estimasi Pendapatan Capai Rp4,5 T

| Senin, 10/08/2020 12:15 WIB
Holding RS BUMN Diresmikan, Erick Thohir Estimasi Pendapatan Capai Rp4,5 T Erick Thohir (Menteri BUMN). (Foto: twitter @negativisme)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir meresmikan pembentukan Holding RS BUMN pada Minggu kemarin, 9 Agustus 2020  di Synergy Lounge Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan jika grup RS BUMN ini diestimasikan memiliki pendapatan usaha mencapai 4,5 tilliun rupiah dengan total aset mendekati 5 trilliun rupiah.

Ia kemudian menuturkan jika pembentukan holding rumah sakit BUMN yang memasuki fase 2 ini telah meningkatkan jumlah rumah sakit yang akan dikelola didalam grup IHC dari yang sebelumnya mengelola 14 rumah sakit menjadi total 35 rumah sakit dan kedepannya akan terus bertambah setelah selesainya implementasi roadmap Holding RS BUMN.

“Saya berpikir bahwa seharusnya seluruh RS milik BUMN dapat dikelola secara profesional dan transparan, dan dipimpin oleh orang yang memiliki expertise di bidang kesehatan. Ini semua sesuai dengan Value of Synergy and Value of Creation dan dapat menuju Go Global yang ditempuh dengan pertukaran tenaga medis ke luar negeri sebagai transfer knowledge,” ujarnya.

Adapun 7 Perusahaan BUMN yang telah mengalihkan saham kepemilikannya kepada RS BUMN ini adalah PT Krakatau Steel (Persero) Tbk sebagai pemegang saham PT Krakatau Medika; PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebagai pemegang saham PT Rumah Sakit Pelabuhan; PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai pemegang saham PT Pelindo Husada Citra; PT Perkebunan Nusantara X sebagai pemegang saham PT Nusantara Medika Utama. Dalam menghadapi rangkaian proses aksi korporasi, Pertamedika IHC didampingi oleh PT Danareksa Sekuritas beserta konsultan pendukung lainnya.

“Saya harap Rumah Sakit BUMN dapat saling bekerjasama, membangun ekosistem kesehatan yang baik dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit Swasta, Daerah, dan tentunya memprioritaskan produk-produk dalam negeri. Saya yakin, Insya Allah dengan adanya langkah-langkah peningkatan dan penguatan RS BUMN ini, dampak virus Corona terhadap Indonesia dapat kita lalui bersama,” ujarnya lagi.

Tags : Erick Thohir , RS Holding BUMN

Berita Terkait