Neraca Pembayaran Indonesia di Triwulan II 2020 Surplus

| Selasa, 18/08/2020 11:05 WIB
Neraca Pembayaran Indonesia di Triwulan II 2020 Surplus Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat jika Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan II 2020 mengalami surplus yang cukup besar.

Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko mencatat jika surplus kali ini mencapai 9,2 miliar dolar AS.

“Surplus mencapai 9,2 miliar dolar AS pada triwulan II 2020, setelah mengalami defisit 8,5 miliar dolar AS pada triwulan sebelumnya.” Jelasn Onny, Selasa 18 Agustus 2020.

Ia menjelaskan membaiknya kinerja NPI tersebut didukung oleh menurunnya defisit transaksi berjalan serta besarnya surplus transaksi modal dan finansial.

Adapun perkembangan defisit transaksi berjalan tercatat makin menurun hal ini juga karena ditopang oleh surplus neraca barang serta berkurangnya defisit neraca pendapatan primer

Defisit transaksi berjalan tercatat sebesar 2,9 miliar dolar AS (1,2% dari PDB), lebih rendah dari defisit pada triwulan sebelumnya sebesar 3,7 miliar dolar AS (1,4% dari PDB),” ujarnya.

Onny memaparkan jika penurunan defisit transaksi berjalan tersebut bersumber dari surplus neraca perdagangan barang akibat penurunan impor karena melemahnya permintaan domestik.

Di samping itu, defisit neraca pendapatan mengecil karena berkurangnya pembayaran imbal hasil kepada investor asing sejalan dengan kontraksi pertumbuhan ekonomi domestik di triwulan II 2020 yang tercermin pada penurunan kinerja perusahaan dan investasi.

Tags : NPI , Defisit , Surplus , BI

Berita Terkait