Survei BI: Optimisme Konsumen terhadap Perekonomian Menurun

| Selasa, 06/10/2020 10:39 WIB
Survei BI: Optimisme Konsumen terhadap Perekonomian Menurun Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat jika optimisme konsumen Indonesia terhadap perekonomian di Bulan September berada di kondisi yang lebih rendah.

Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko menjelaskan jika indeks keyakinan konsumen (IKK) pada September 2020 berada di angka 83,4, turun dibandingkan dengan 86,9 pada Agustus 2020.

“Perbaikan keyakinan konsumen yang tertahan pada September 2020 terutama disebabkan oleh menurunnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan yang akan datang,” ungkap Onny dalam keterangannya, Selasa 6 Oktober 2020.

Ia menjelaskan penurunan ini disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya, meskipun berada pada level optimistis.

Rendahnya keyakinan konsumen pada Bulan September ini terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia.

Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 13 dari 18 kota survei, dengan penurunan terdalam terjadi di masyarakat Ibu Kota, DKI Jakarta lalu diikuti dengan Denpasar dan Padang.

Tags : Konsumen , Survei , Optimisme , BI

Berita Terkait