Harga Jual Minyak Nilam Melonjak Naik di Pasar Ekspor

| Rabu, 07/10/2020 12:02 WIB
Harga Jual Minyak Nilam Melonjak Naik di Pasar Ekspor Harga Minyak Nilam Naik di dua tahun terakhir (Doc: PPN)

KENDARI, RADARBANGSA.COM - Harga jual minyak nilam atau yang secara internasional disebut dengan Patchouli Oil mengalami lonjakan kenaikan dikisaran 600 hingga 700 ribu rupiah di pasar ekspor. Angka ini telah dikonfirmasi oleh Badan Karantina Pertanian Kendari yang memfasilitasi komoditas pertanian asal Sulawesi Tenggara.

“Harga minyak nilam meningkat tajam dari tahun tahun sebelumnya," kata Kepala Karantina Pertanian Kendari, Prayatno Ginting dalam keterangannya, Rabu 7 Oktober 2020.

Pada tahun 2020, Barantan sempat mencatat terjadi penurunan volume yakni baru sebanyak 591,3 ton namun dengan lonjakan harga, nilai ekonominya mencapai Rp 6,8 milyar.

Ginting merinci, minyak nilam yang diekspor ini juga melibatkan bentuk daunnya. Minyak Nilam Indonesia saat ini juga telah menguasai 90% pasar dunia.

“Tidak hanya dalam bentuk minyak, dalam bentuk daun segarpun laris di pasar ekspor,” ungjap Ginting.

Untuk negara yang menjadi langganan ekspor minyak nilam Indonesia diantaranya Belanda, Malaysia, New Zealand, Amerika, Italia dan Jepang. Sementara yang menjadi langganan ekspor daun nilam diantaranya China, India, Korea Selatan dan Arab Saudi

Tags : Minyak Nilam , Harga Minyak Nilam

Berita Terkait